Kamis, 22 November 2012

Materi Seni Budaya semester 1


Seni Budaya  untuk kelas Xl ipa
Teknik pembuatan Keramik dan Ukir kayu
  1. Keramik
Proses pembuatan keramik dibagi menjadi 2 macam yaiti:
1)      Cetak
Teknik ini digunakan untuk pembuatan dalam jumlah banyak(massal)
2)      Secara manual atau langsung dengan tangan
Teknik ini di gunakan pada keramik yang berbentuk silindir (jambangan, pot, guci).caranya dalah dengan menambahka sedikit demi sedikit tanah liat diatas tempat yang bisa di putar.
Teknik dalam pembuatan keramik antara lain sebagai berikut.
1)      Teknik tekan
Teknik tekan adalah cara membentuk tanah liat dengan cara ditekan-tekan, sehingga membentuk bangunan tiga dimensi tertentu sesuai dengan rancangan.
2)      Teknik mematung
Teknik mematung adalah membentuk tanah liat menjadi suatu objek yang menarik secara visual,kemudian secara bertahap ditekan-tekan dengan tangan dan dihaluskan dengan palet.
3)      Teknik pilin
Teknik pilin adalah cara membuat bangun bentuk tertentu dengan cara menyambungkan pilinan tanah liat dan secara bertahap disatukan menjadi wujud yang lengkap sesuai dengan rancangan yang kita buat.
4)      Teknik slab
Teknik slab adalah teknik membentuk tanah liatrdengan cara membuat bidang datar dari tanah liat, kemudian disambungkan menjadi bangun bentuk tiga dimensi tertentu sesuai dengan rancangan yang kita buat.
5)      Teknik putar lambat
Teknik putar lambat adalah teknik membuat tanah liat dengan cara membuat bidang putar (silinders) dari tanah liat menjadi bangun bentuk tiga dimensi tertentu sesuai dengan rancangan yang kita buat.
6)      Teknik putar cepat
Teknik putar cepat adalah teknik membentuk tanah liat tengan cara membuat bidang putar (silindirs) dengan alat putaran yang digoyangkan oleh kaki atau tangan. Tanah liat dibuat menjadi bangun bentuk silindris tertentu, sesuai dengan tekanan dan pembentukan oleh tangan yang terampil. Jika di sekolah anda tidak tidak tersedia alat putar, buatlah dahulu alat putar dari bahan tripleks dan leher (cincin  berputar) secara sederhana. Posisi alat putar harus memusat (center) dan stabil.
  1.  Ukir kayu
            sesuai dengan namanya, ukir kayu dibuat dengan bahan dasar kayu, yang diatasnya dibuat pola dan ditata untuk mendapatkan  bentuk ukiran yang diinginkan. Pada akhirnya proses pembuatan pola tersebut akan berbentuk tiga dimensi, sesuai dengan ciri utama seni ukir yaitu membuat permukaan menjadi tidak rata.

1 komentar: