Kamis, 22 November 2012

Materi Elektronika semester 1


Materi elektronika kelas Xl ipa semester 1
Mengenal Transistor
         Komponen elektronika yang pegang peranan ialah transistor. Untuk mengenalnya dibutuhkan sejumlah pengetahuan dasar transistor banyak dibutuhkan atau hampir semua rangkaian elektronika membutuhkannya. Meskipun dalam rangkaian elektronika itu ada IC namun transistor tak bisa di tinggalkan. Misalnya, pada pesawat penerima radio transistor, pesawat pemancar, dan lain sebagai nya.
         Pembuatan transistor terdiri dari dua macam diode yang di sambung secara berlawanan atau berbalikan. Oleh sebab itulah, maka anda dapat menjumpai transistor jenis NPN dan PNP.
a)      Transistor jenis NPN
Yang dianggap sebagai katoda ialah tep atau kaki basis sedangkan yang dianggap sebagai anoda ialah tep kolektor dan tep enitor.
b)      Transistor jenis PNP
Anoda berhubungan dengan tep basis dan katoda berhubungan dengan tep kolektor dan enitor.
         Transistor itu pada dasarnya dibentuk oleh dua buah dioda yaitu anoda dan katoda. Jika transistor dibentuk dengan urutan anoda-katoda-anoda maka jenis transistor itu jelas PNP. Jika transistor itu di bentuk katoda-anoda-katoda jelas transistor itu milik NPN.
        Untuk memudahkn pengertian ini, maka ketahuilah bahwa transistor itu dibentuk dengan dua buah dioda germanium. Dimana salah satu germanium memiliki muatan positif (P) dan germanium lainnya memiliki muatan negatif (n).
         Mengapa disebut germanium P
Germanium p (positif) memiliki jumlah electron yang sangat sedikit ketika pabrik membuatnya ialah. Pertama-tama atom germanium dikotori dengan atom indium. Atom indium sifat nya positif karena itulah sehingga germanium tersebut menjadi jenis germanium positif.
           Mengapa disebut germanium n
Mula-mula pabrik membuat germanium negative ini ialah mencampuri germanium dengan atom arsenikum. Sedangkan atom arsinekum sifatnya negative akhirnya geranium tersebutpun menjadi germanium jenis negative (n). jadi germanium negative ini memiliki jumlah electron yang sangat banyak.
        

Tidak ada komentar:

Posting Komentar